Begini Kronologis Penyanderaan Abu Sayyaf pada 13 ABK Indonesia

Begini Kronologis Penyanderaan Abu Sayyaf pada 13 ABK Indonesia
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - SAMARINDA – Sebanyak 13 anak buah kapal (ABK) Charles 00 disandera kelompok Abu Sayyaf. Penyanderaan dilakukan saat mereka berlayar menuju ke Indonesia.

Sebelumnya, tugboat Charles 00 berangkat dari Sangasanga, Kutai Kartanegara pada 5 Juni lalu dan menuju ke Filipina dengan angkutan batubara. Perjalanan ke Filipina berjalan lancar tanpa hambatan.

Namun saat perjalanan balik ke Indonesia, Charles 00 dibajak. Semua awaknya disandera oleh kelompok Abu Sayyaf yang juga pernah membajak tugboat Brahma 12 dan Henry ini.

Tahu dibajak oleh Abu Sayyaf, salah satu awak kapal bernama Ismail (muallim 1) menelepon sang istri Mega yang berada di Samarinda. Ismail mengaku dibawa bersama enam orang awak kapal lainnya ke sebuah pulau. “

"Suami saya menelepon pukul 10.00 Wita (Rabu, 22/6), dan mengaku kapalnya dibajak oleh Abu Sayyaf. Mereka (tujuh awak kapal) dibawa ke sebuah pulau sementara lainnya dibiarkan di kapal,” kata Mega kepada awak media. (iza)


SAMARINDA – Sebanyak 13 anak buah kapal (ABK) Charles 00 disandera kelompok Abu Sayyaf. Penyanderaan dilakukan saat mereka berlayar menuju


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News