Begini Nasib Kendi Nusantara, Tempat Ritual Jokowi di IKN

Begini Nasib Kendi Nusantara, Tempat Ritual Jokowi di IKN
Suasana ritual penyatuan tanah dan air dari penjuru negeri ke dalam Kendi Nusantara. Foto : Biro Pers Sekretariat Kepresidenan.

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Juru Bicara Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Syafranuddin mengatakan Kendi Nusantara, yang menjadi tempat ritual Presiden Joko Widodo (Jokowi), tetap tinggal di Titik Nol IKN.

"Enggak dibawa, sekarang, ya, masih ada di sana. Tetap di atas titik nol," kata dia saat dikonfirmasi JPNN.com, Jumat (25/3) siang.

Presiden Joko Widodo sebelumnya melaksanakan ritual penyatuan tanah dan air yang dibawa 34 gubernur dari seluruh penjuru negeri.

Ritual itu menjadi simbolis penyambutan dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Syafruddin menerangkan Kendi Nusantara itu memang tidak direncakan disimpan di tempat lain.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim itu memastikan kondisi Kendi Nusantara yang ditinggalkan di tengah Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Itchi Hutani Manunggal (IHM) tetap aman dari segala gangguan.

"Insyaallah tetap aman saja kalau ditaruh di sana," jelas dia.

Menurut dia, Kendi Nusantara terbuat dari tembaga sehingga bobotnya sangat berat. Bobotnya bertambah berat dengan adanya muatan tanah dan air dari para gubernur.

Nasib Kendi Nusantara setelah digunakan untuk ritual penyatuan tanah dan air kini hanya ditinggalkan di titik nol IKN, Sepaku, PPU, Kaltim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News