Begini Permintaan Obama saat ke Candi Borobudur

Begini Permintaan Obama saat ke Candi Borobudur
Barack Obama saat mengunjungi Candi Borobudur, kemarin. Foto Setiaky.A.Kusuma/Radar Jogja/JPNN.com

jpnn.com, MAGELANG - Barack Obama melanjutkan liburan di Jogja dan Jawa Tengah. Kemarin, sekitar pukul 16.35 WIB, presiden ke-44 AS itu mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Rombongan Obama masuk kompleks Taman Wisata Candi Borobudur melalui pintu VII Hotel Manohara.

Kemudian, rombongan langsung naik menuju zona 1 Candi Borobudur lewat pintu Kenari yang merupakan akses VIP tamu-tamu kenegaraan. Obama mengakhiri kunjungan di Candi Borobudur pukul 17.20 WIB.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari menyatakan, Obama sempat meminta agar candi tidak ditutup bagi kunjungan wisatawan lain.

”Selain itu, Obama minta agar kunjungannya tidak diganggu keberadaan media. Dia menginginkan suasana yang lebih pribadi karena kunjungannya adalah kunjungan pribadi,” ujar Hendra.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko (TWCB PRB) Edy Setijono mengungkapkan, Obama sangat senang berkunjung ke Candi Borobudur.

”Beliau mengingat bahwa waktu kecil sudah pernah ke Candi Borobudur. Kelestarian bangunan masih bagus, beliau sangat mengapresiasi Indonesia bisa menjaga cagar budaya,” imbuh Edy.

Bahkan, Obama menitipkan pesan agar Candi Borobudur dijaga. ”Ini kebanggaan karena beliau mengajak seluruh keluarganya, adiknya, putra-putrinya berkunjung ke Borobudur,” ujarnya. (cr3/c10/oki)


Barack Obama melanjutkan liburan di Jogja dan Jawa Tengah. Kemarin, sekitar pukul 16.35 WIB, presiden ke-44 AS itu mengunjungi Candi Borobudur di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News