Begini Pesan Menhan Prabowo kepada Babinsa di Wilayah Kodam Mulawarman

Begini Pesan Menhan Prabowo kepada Babinsa di Wilayah Kodam Mulawarman
Menhan Prabowo Subianto saat kunjungan kerja ke wilayah Kodam VI/Mulawarman di Samarinda, Sabtu (11/3/2023). Foto: Tim Media Prabowo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengatakan untuk membangun pertahanan negara yang kuat harus diawali dari TNI yang berada di bawah komando teritorial.

“Komando teritorial adalah tulang punggung dari pertahanan negara dan merupakan senjata rahasia rakyat Indonesia, di mana dengan komando teritorial, bangsa Indonesia mampu merdeka dan berhasil mengusir penjajah," ungkap Menhan Prabowo di Samarinda, sebagaimana siaran pers diterima di Jakarta, Sabtu (11/3).

Hal itu disampaikan Menhan Prabowo dalam arahannya di hadapan dua ribuan Babinsa dan pimpinan TNI di wilayah Kodam VI/Mulawarman yang meliputi tiga provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Kedatangan Menhan Prabowo di wilayah itu disambut oleh Pangdam VI/Mlw Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo dan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi.

Prabowo menjelaskan bahwa sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004, sistem pertahanan Indonesia adalah (Sishankamrata), yakni pertahanan keamanan rakyat semesta yang melibatkan seluruh komponen bangsa.

Sishankamrata adalah komando teritorial yang terdiri dari Kodam, Korem, Kodim, Koramil, hingga para Babinsa sebagai tulang punggung pertahanan Indonesia.

Menhan Prabowo juga menegaskan bahwa Babinsa adalah ujung tombak, mata dan telinga yang mewakili seluruh TNI. Oleh karena itu, seluruh bintara pembina desa harus mengenal seluruh masyarakatnya.

"Harus membantu sekaligus merebut hati dan pikiran rakyat. Kita akan bangun TNI yang kuat, karena dengan tentara yang kuat akan menjamin negara aman. Negara aman menjamin perdamaian dan perdamaian akan menjamin pertumbuhan ekonomi sehingga negara dapat menjadi makmur,' tutur Prabowo.

Menhan Prabowo Subianto memberikan arahan penting kepada dua ribuan Babinsa di Kodam Mulawarman. Dia juga menyerahkan 140 kendaraan operasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News