Begini Respons Menpora Amali Terkait Isu Presiden Jokowi Tunjuk Gibran Jadi Ketua Pelaksana APG

Begini Respons Menpora Amali Terkait Isu Presiden Jokowi Tunjuk Gibran Jadi Ketua Pelaksana APG
Menpora Zainudin Amali. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali memberikan klarifikasi terkait munculnya persepsi bahwa Presiden Joko Widodo menunjuk Gibran Rakabuming Raka sebagai ketua Panitia Pelaksana Asean Paragames (APG) 2022.

Amali menjelaskan penunjukan itu dilakukan oleh Ketua Panitia Penyelenggara, bukan oleh Jokowi.

Dalam Peraturan Presiden, memang disebutkan bahwa ada struktur Ketua Pengarah yang diduduki oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, kemudian untuk Ketua Penyelenggara dipegang langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Jadi, Presiden menunjuk Menpora Amali sebagai Ketua Penyelenggara (Asean Paragames, red). Kemudian, karena digelar di Surakarta maka ditunjuk ketuanya Wali Kota Surakarta oleh Ketua Panitia Penyelenggara, bukan ditunjuk Presiden," kata Amali di Kantor Kemenpora, Kamis (23/6/2022).

Menpora ingin meluruskan suara miring yang mencoba memainkan isu bahwa Presiden Joko Widodo menunjuk anaknya sendiri, yakni Gibran Rakabuming sebagai Ketua Panitia Pelaksana INASPOC.

Dengan pernyataan dari Menpora ini maka bisa dipastikan bahwa tidak benar isu soal Presiden menunjuk Gibran sebagai Ketua Panitia Pelaksana atau INASPOC.

Sejauh ini, Menpora juga melihat persiapan Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar dan Semarang untuk Asean Paragames 2022 sudah bagus. Karena itu, dengan waktu pelaksanaan pada akhir Juli nanti, Amali optimistis ajang ini bisa berjalan sukses. (dkk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Penjelasan Menpora Amali soal anggapan Presiden Joko Widodo menunjuk Walikota Surakarta sebagai Ketua Pelaksana Asean Paragames 2022


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News