Begini Respons Pertamina Terhadap Kenaikan Harga Minyak Mentah Dunia

Begini Respons Pertamina Terhadap Kenaikan Harga Minyak Mentah Dunia
Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman terus memonitor pasar minyak dan gas (migas) dunia yang saat ini naik tajam, dan memastikan ketahanan energi nasional tetap terjamin. Ilustrasi. Foto: Pertamina.

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) terus melakukan pemantauan terhadap pasar minyak dan gas (migas) dunia yang saat ini naik tajam, dan memastikan ketahanan energi nasional tetap terjamin.  

Harga minyak mentah yang telah menembus USD 100 per barel, dipengaruhi pulihnya demand energi secara global, serta terdampak dari meningkatnya ketegangan politik di Eropa Timur, yakni antara Rusia-Ukraina.

"Pertamina terus memonitor dan memastikan ketahanan energi nasional tetap terjamin, termasuk suplai BBM dan LPG," ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, Jumat (25/2).

Dia menjelaskan bahwa Pertamina konsisten mempertahankan kinerja operasional hulu sampai hilir untuk meningkatkan ketahanan energi dan menjaga stabilitas suplai kebutuhan konsumsi nasional.

Saat ini, ujar Fajriyah, Pertamina memiliki sumber pasokan minyak mentah, produk BBM dan LPG bervariasi, baik dari dalam negeri maupun banyak negara lainnya sehingga memiliki fleksibilitas suplai.

“Sebagian minyak mentah kebutuhan dalam negeri diproduksi melalui portofolio Pertamina, yaitu subholding upstream dan disuplai produksi KKKS di Indonesia,” ungkap Fajriyah.

Selain itu, mekanisme pengadaan dilakukan berbasis long-term serta penyesuaian dengan short-term.

Di samping itu, Pertamina memastikan penugasan untuk mendistribusikan energi ke seluruh Indonesia.

Begini respons PT Pertamina (Persero) terhadap kenaikan harga minyak mentah dunia. Pertamina terus memastikan ketahanan energi nasional tetap terjamin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News