Begini Saran Ketua DPD RI agar Korupsi Bisa Ditekan

Begini Saran Ketua DPD RI agar Korupsi Bisa Ditekan
Irman Gusman. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman menyatakan hukuman mati bagi koruptor bukan satu-satunya cara untuk meminimalisir praktik korupsi. Tindakan yang lebih strategis menurut Irman adalah pencegahan.

"Kalau memang diperlukan hukuman bagi koruptor, seperti di China, kenapa tidak? Tapi yang saya lihat selama ini, yang belum maksimal selama ini adalah pencegahan," kata Irman Gusman, di sela-sela Festival Antikorupsi Bandung 2015, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/12).

Senator asal Sumatera Barat ini sependapat dengan pernyataan bahwa korupsi itu kejahatan yang luar biasa dan dapat membuat peradaban manusia hancur. Namun, kata Irman, yang terpenting dalam pemberantasan korupsi, yakni upaya pencegahan.

"Masyarakat Indonesia perlu memiliki budaya bersih, jujur, dan terbuka. Keteladanan juga penting. Langkah sederhananya, mari kita mulai dari kita, terutama bersyukur. Itu bisa dilakukan sejak dini dan dilakukan di lingkungan keluarga serta lingkungan terdekat," ujar Irman.

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman menyatakan hukuman mati bagi koruptor bukan satu-satunya cara untuk meminimalisir praktik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News