Beginilah Jurus Pemkab Tabanan Genjot Jumlah Wisman

Beginilah Jurus Pemkab Tabanan Genjot Jumlah Wisman
Pantai Tanah Lot di Tabanan, Bali. Foto: dokumen Radar Bali/JPG

jpnn.com, TABANAN - Kabupaten Tabanan di Bali tengah menggelar Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017. Festival yang berlangsung mulai Jumat (7/7) itu akan berakhir Minggu (9/7).

Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017 yang dibuka Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menampilkan berbagai budaya khas bali. Antara lain barong bangkung ngelawang, parade gebogan, gong gebyar, rindik anak-anak, bondres, tari kreasi, calon arang, arja klasik dan masih banyak seni dan budaya lainnya.

Manajer Operasional Badan Pengelola Daya Tarik Wisata (BPDTW) Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana menyatakan, berbagai seni dan budaya tersebut mampu menambah daya tarik para wisatawan yang sedang berlibur ke pura yang berada di laut itu.

Apalagi, sejumlah pesohor asal Jakarta juga ikut meramaikannya. Antara lain Indra L Brugman, Chan Celvin, Eddies Adelia, Indra Herlambang dan Chef Juna.

Beginilah Jurus Pemkab Tabanan Genjot Jumlah Wisman
Warga Tabanan mengusung gebogan pada Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017 yang digelar 7-9 Juli di Tanah Lot. Foto: dokumentasi Pemkab Tabanan

Ketut menjelaskan, terdapat berbagai makna yang mendalam dalam setiap seni dan budaya yang ditampilkan. Kesenian barong bangkung yang dimainkan oleh anak-anak muda selalu mengawali rangkaian acara.

Tari barong bangkung merupakan bagian dari seni pertunjukan barong tradisional Bali yang disebut dengan malalawang yang bermakna pintu penolak bala. Selain itu ada juga parade gebogan yang bermakna sebagai wujud persembahan hasil alam kepada leluhur.

Karenanya dalam gebogan ada berbagai macam buah dan sayuran hasil alam yang disusun berdasarkan ciri khas desa masing-masing. Antara lain jambu, apel, tomat, jeruk, pisang, dan lain-lain.

Kabupaten Tabanan di Bali tengah menggelar Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017. Festival yang berlangsung mulai Jumat (7/7) itu akan berakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News