Beginilah Pergerakan Densus 88 Acak-acak Persembunyian Teroris

Beginilah Pergerakan Densus 88 Acak-acak Persembunyian Teroris
Sejumlah anggota Densus Polda Jatim mengamankan barang bukti tersangka dugaan teroris di jalan Lebak Timur 3D Surabaya, kemarin, Rabu (8/6/2016).FOTO:Dipta Wahyu/Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Tim Densus 88 Mabes Polri membekuk tiga terduga teroris terkait organisasi radikal ISIS di waktu dan lokasi yang berbeda di Surabaya. 

Tak hanya itu, dari penangkapan itu polisi juga berhasil menggeledah tiga lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian, perencanaan, dan perakitan bom. 

Penangkapan pertama dilakukan di daerah Kapasari Surabaya sekitar pukul 10.30 yang diketahui bernama Priyo Hadi Purnomo, 34. Dia ditangkap tanpa perlawanan. Setelah penangkapan, polisi melakukan pengembangan dan langsung menyisir lokasi persembunyian Priyo beserta jaringannya.

Tim Densus 88 bergerak cepat. Dari hasil keterangan diketahui terduga teroris tinggal di Jalan Lebak Timur 3D nomer 18. Tim langsung melakukan penggeledahan di rumah berstatus tanah kontrak berukuran 5x10 meter itu sekitar pukul 12.32

Di lokasi ini polisi menemukan beberapa barang bukti yang diduga akan digunakan untuk melancarkan aksi teror. Yakni tiga buah bom rakitan, satu pucuk senjata api laras panjang jenis river, satu pucuk senapan rakitan, satu pucuk senjata api laras pendek rakitan beserta 4 butir peluru, dan satu buah avometer. Serta dua kardus berisi seperangkat komputer dan satu unit laptop.

Polisi sempat kesulitan mengamankan barang bukti. Lokasi penggeledahan yang terletak di pemukiman padat penduduk jadi alasannya. Letaknya di tengah-tengah sebuah gang yang hanya bisa dilewati dua sepeda motor. Disamping itu, rumah milik orang tua Priyo itu dibangun semi permanen. 

Dindingnya terbuat dari triplek, dan hanya berisikan dua ruangan. Satu ditinggali kedua orang tua priyo, Sutego Maluru dan Jarmi. Satu lagi ditinggali oleh Priyo seminggu terakhir.

Sebelumnya, tim antiteror berhasil menangkap satu terduga teroris lainnya bernama Jefry. Dia ditangkap di dekat tempat tinggalnya jalan Kalianak Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Gresik. Tim juga menggeledah rumahnya dan menemukan beberapa barang bukti. 

SURABAYA – Tim Densus 88 Mabes Polri membekuk tiga terduga teroris terkait organisasi radikal ISIS di waktu dan lokasi yang berbeda di Surabaya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News