JPNN.com

Beginilah Potret Masa Depan Desa di Mata Gus Menteri

Jumat, 15 Januari 2021 – 21:52 WIB
Beginilah Potret Masa Depan Desa di Mata Gus Menteri - JPNN.com
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar alias Gus Menteri. Foto: Humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan berbekal hasil dan upaya Mendes PDTT terdahulu, kini Kemendes PDTT
mampu meluaskan pandangan atas kondisi desa-desa mutakhir. 

“Maka lahirlah paradigma baru arah pembangunan desa yaitu 18 tujuan SDGs Desa, dengan 222 indikator pemenuhan kebutuhan warga maupun pembangunan wilayah desa,” ungkap l Halim dalam peringatan tujuh tahun diundangkannya UU Desa di Jakarta, Jumat (15/1).

Ia mengatakan, SDGs Desa merupakan upaya terpadu percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017.

Karena itu, katanya, peringatan tujuh tahun diundangkannya UU Desa merupakan momentum untuk refleksi kemajuan desa ke depan.

Sosok yang karib disapa Gus Menteri itu menambahkan refleksi ini layak diserap menjadi energi penggerak untuk menentukan langkah-langkah raksasa ke depan. 

Gus Menteri menambahkan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah memanfaatkan sistem informasi dan teknologi komunikasi mutakhir untuk mengumpulkan data mikro pada level individu, keluarga, rukun tetangga, dan desa. 

“Seluruh data digali bersama untuk memenuhi kebutuhan membangun desa,” ujarnya.

Prioritas penggunaan dana desa 2021 telah memastikan jaringan 3G dan 4G menyapu 11 ribu desa yang saat ini belum terjangkau internet.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...