Beginilah Sepak Terjang Perusahaan Pembobol Data Facebook

Beginilah Sepak Terjang Perusahaan Pembobol Data Facebook
Cambridge Analytica. Ilustrasi: AFP

jpnn.com - Cambridge Analytica, perusahaan Inggris yang bergerak di bidang konsultasi politik ini menginduk pada Strategic Communications Laboratories (SCL). Resmi berdiri pada 2013, CA sudah berkembang di lima benua. Tapi, kiprahnya terdeteksi sejak era 90-an, saat belum bernama CA. (hep/c19/pri)

 

Di Amerika

Membangun opini politik publik sejak masa kampanye pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) pada 2016. CA berpihak kepada Donald Trump dan memanfaatkan data para pengguna Facebook untuk merintis kemenangan sang taipan. Saat ini CA sedang terlibat proyek politik dengan pemerintah Meksiko dan pemerintah Brasil yang tahun ini akan menggelar pemilu.

 

Di Eropa

Memanfaatkan media sosial dan portal berita independen untuk memengaruhi publik dalam pemilu di Republik Ceko dan pemilu di Italia (2012). Kini CA sedang sibuk bekerja sama dengan pemerintah Ukraina untuk merebut kembali simpati politik dari penduduk Kota Donetsk yang sempat dikuasai kubu separatis. Pada 2004 CA juga turut berperan dalam Revolusi Oranye lewat dunia maya.

 

Cambridge Analytica, adalah perusahaan Inggris pembobol data Facebook. Perusahaan yang bergerak di bidang konsultan politik ini sudah berkembang di lima benua

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News