Bekerja Seperti Dirigen

Bekerja Seperti Dirigen
STEPHEN LIESTYO. Setelah Sepuluh Tahun di Level Manager di Bank BCA, baru ia menjajal tantangan baru sebagai salah satu Direktur di Bank Internasional Indonesia (BII). FOTO : Dewi Maryani
Pengalamannya di dunia perbankan tak perlu diragukan lagi. Sebelum menjabat Direktur Perbankan Konsumer PT Bank Internasional Indonesia (BII) Tbk, Stephen Liestyo memiliki pengalaman selama 18 tahun di Bank Central Asia (BCA) dengan jabatan terakhir senior general manager consumer banking. Seperti apa?

SEJAK masih duduk di bangku kuliah, Stephen Liestyo sudah menunjukkan kemandiriannya. ’’Dulu saya kuliah sambil kerja. Waktu kuliah semester enam, saya juga bantuin paman di pabrik plastik,’’ ujar pria jebolan Teknik Elektro, Universitas Trisakti Jakarta.Pada 1986, dia mulai bekerja di perusahaan medical elektronik. ’’Sampai lulus, saya kerja full time di perusahaan itu, kemudian melamar pekerjaan di Schlumberger, perusahaan pencari minyak besar dari 1988 sampai 1991,’’ kata pria berkacamata itu.

Selama bekerja di pengeboran minyak, pehobi traveling ini menggunakan alat-alat canggih. ’’Empat tahun bekerja di sana banyak pengalaman, ketemu banyak orang asing, bangsa-bangsa lain di dunia, ya kesannya enjoy dan challenging,’’ imbuhnya. Pada 1990, Stephen memutuskan melepas masa lajang. Jika sebelum menikah, dia mendapat jatah dua bulan kerja, dua minggu libur, tapi setelah menikah, sebulan kerja seminggu libur. ’’Berat sekali, istri diajak juga nggak mau, akhirnya saya putuskan untuk pindah,’’ tandasnya.

Pada 1991, bapak dua anak ini pindah ke bank BCA dengan kewenangan terkait mesin ATM. ’’Waktu itu, ATM BCA masih 49 unit. Masih kecil ya tapi problemnya segudang. Lima tahun itu struggling, setiap Sabtu dan Minggu banyak masuk. Lebaran dan Natal juga masuk kerja karena ATM banyak dipakai di hari-hari libur. Untungnya, istri saya banyak support. Tapi waktu itu, saya punya mimpi bagaimana ATM BCA bisa nomor satu,’’ jelasnya.

Pengalamannya di dunia perbankan tak perlu diragukan lagi. Sebelum menjabat Direktur Perbankan Konsumer PT Bank Internasional Indonesia (BII) Tbk,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News