JPNN.com

Bela Petinggi Huawei, Dubes Kanada untuk Tiongkok Dipecat

Senin, 28 Januari 2019 – 02:20 WIB Bela Petinggi Huawei, Dubes Kanada untuk Tiongkok Dipecat - JPNN.com

jpnn.com, OTTAWA - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau membuat keputusan mengejutkan. Dia baru saja memecat Duta Besar Kanada untuk Tiongkok, John McCallum, karena telah membuat pernyataan tentang kasus ekstradisi Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou.

McCallum dinilai telah mempermalukan pemerintahan Trudeau. Pernyataan McCallum seolah membela Meng dengan menyebut bahwa Meng memiliki alasan kuat untuk melawan agar tidak diekstradisi Amerika Serikat (AS).

Atas insiden tersebut, Trudeau dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa dia telah meminta John McCallum untuk mundur. Namun Trudeau tidak memberikan alasan McCallum diberhentikan.

Penahanan Meng Wanzhou atas permintaan AS memang membuat marah Tiongkok dan merusak hubungan Kanada dengan Beijing. Meng dituduh AS menghindari sanksi terhadap Iran. Namun, Meng dan Huawei menyangkal tuduhan itu.

"Tadi malam saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai duta besar Kanada untuk China," kata Trudeau dilansir dari BBC, Minggu (27/1).

Kasus Meng telah menyebabkan ketegangan diplomatik antara Kanada dan Tiongkok meningkat. Dua orang Kanada lainnya juga ditangkap di Tiongkok setelah penahanan Meng.

Malahan awal bulan ini, seorang pria Kanada dijatuhi hukuman mati di Tiongkok setelah pengadilan menyebut hukuman penjara 15 tahun terlalu ringan.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok sendiri sejauh ini telah mendesak para pejabat AS untuk menarik perintah penangkapan dan menahan diri agar tidak melanjutkan permintaan ekstradisi. Meng juga telah dibebaskan dengan jaminan pengadilan Kanada bulan lalu. (jpc)

Sumber Jawapos.com

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...