Belajar dari Kejadian Partai Demokrat, NasDem akan Mencari Rekan Koalisi Sebelum Konvensi

Belajar dari Kejadian Partai Demokrat, NasDem akan Mencari Rekan Koalisi Sebelum Konvensi
Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Willy Aditya. (ANTARA/HO-Dok Pribadi)

jpnn.com, JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) memastikan akan mencari rekan koalisi terlebih dahulu sebelum menggelar konvensi calon presiden (capres) 2024.

Menurut politikus Partai Nasdem Willy Aditya, partainya belajar dari pelaksanana konvensi yang pernah dilakukan Partai Demokrat menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu.

Saat itu, ujar dia, Partai Demokrat tidak dapat mengusung capres hasil konvensi internal, karena tidak memiliki rekan koalisi agar bisa memenuhi syarat presidential threshold 20 persen.

Willy menyadari bahwa partainya juga tidak bisa mengusung capres 2024 tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Oleh sebab itu, Willy menegaskan, partai besutan Surya Paloh itu benar-benar melakukan perhitungan terhadap syarat pengajuan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Pemenuhan syarat pengajuan capres dan cawapres benar-benar kami hitung," kata Willy saat dihubungi, Senin (31/5).

Politikus kelahiran Solok, Sumatra Barat, itu mengatakan Partai NasDem saat ini tengah berkomunikasi dengan Partai Golkar, PAN, PKS, hingga Partai Demokrat demi mencari rekan koalisi agar bisa mengusung kandidat pada Pilpres 2024.

"Terakhir-terakhir ini, Demokrat minta bertemu untuk komunikasi soal konvensi, kami terbuka saja," ujar legislator Komisi IX DPR RI itu.

Politikus Partai NasDem Willy Aditya mengatakan partainya akan mencari rekan koalisi sebelum menggelar konvensi capres 2024. NasDem belajar dari kejadian yang dialami Partai Demokrat pada 2014 lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News