Belajar dari Negara Lain, ASN Didorong Lakukan Transformasi Birokrasi

Belajar dari Negara Lain, ASN Didorong Lakukan Transformasi Birokrasi
Kemendagri mengajak ASN melakukan transformasi birokrasi menuju organisasi pelayanan publik yang efektif. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan transformasi birokrasi menuju organisasi pelayanan publik yang efektif.

Dengan begitu, ASN diharapkan bisa meniru keberhasilan implementasi birokrasi di beberapa negara maju dan berkembang, guna mewujudkan birokrasi berkelas dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar.

Dia mengatakan para ASN harus bisa mencontoh negara-negara yang dinilai berhasil menerapkan birokrasi yang andal seperti birokrasi di Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura.

Para ASN diminta agar memperhatikan cara negara-negara tersebut dalam memberikan pelayanan kepada rakyatnya.

Menurut Suhajar, langkah-langkah tersebut sangat penting karena menjadi perhatian utama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagaimana tercantum di dalam lima Prioritas Kerja 2019-2024.

Adapun lima prioritas kerja tersebut yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi.

Suhajar menjelaskan langkah ASN dalam mentransformasikan birokrasi selaras dengan prioritas kerja pembangunan SDM dan penyederhanaan regulasi.

Kemendagri mengajak ASN melakukan transformasi birokrasi menuju organisasi pelayanan publik yang efektif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News