Belajar Dari Wulan Guritno Mengelola Proyek Sosialnya Gelang Harapan di Melbourne

Belajar Dari Wulan Guritno Mengelola Proyek Sosialnya Gelang Harapan di Melbourne
Belajar Dari Wulan Guritno Mengelola Proyek Sosialnya Gelang Harapan di Melbourne

Sebagian orang Indonesia mengenalnya karena membintangi film Naga Bonar, namun artis campuran Indonesia-Inggris Wulan Guritno dalam beberapa tahun terakhir juga terlibat dalam proyek sosial bernama Gelang Harapan.

Wulan berada di Melbourne akhir pekan kemarin untuk berbicara di depan ratusan mahasiswa asal Indonesia di Monash University kampus Caulfield memberikan pemaparan mengenai proyek sosial tersebut sebagai bagian dari acara mengenai peluang di industri kreatif di Indonesia di jaman global sekarang ini.

Dalam penjelasannya, Wulan Guritno (38 tahun) menjelaskan beberapa hal yang sudah dilakukannya sehingga membuat gerakan pembuatan Gelang harapan ini masih tetap bertahan sampai sekarang, sejak diluncurkan pertama kali di bulan Oktober 2014.

Tidak saja bertahan, artis yang lahir di Inggris tahun 1981 ini menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh proyek tersebut sekarang sudah semakin berkembang ke bidang-bidang lain.

Menurut Wulan, ketika pertama kali dibuat program Gelang Harapan atau dalam bahasa Inggrisnya "I am Hope" hanyalah berusaha menyebarkan harapan dalam masyarakat Indonesia.

"Dulunya kita hanya berusaha menyebarkan harapan, karena saya melihat waktu itu dalam kehidupan masyarakat Indonesia ada perasaan banyak orang seperti kehilangan harapan karena berbagai masalah yang dihadapi mereka." kata Wulan dalam wawancara khusus dengan wartawan ABC Indonesia Sastra Wijaya setelah acara selesai.

Belajar Dari Wulan Guritno Mengelola Proyek Sosialnya Gelang Harapan di Melbourne Photo: Salah satu kegiatan Gelang Harapan menyambut hari Ibu di Indonesia (Foto: Istimewa)

Pada awalnya, Wulan bekerja sama dengan dua orang temannya, Janna Soekasah Joesoef dan Amanda Soekasah membuat gelang dari perca kain milik perancang busana terkenal Indonesia, Ghea Panggabean.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News