Belajar Tata Kota dari Pompeii, Situs Terpendam di Italia (1)

Layaknya Kota Abad Ke-21, Sudah Ada Spa dan Gimnastik

Belajar Tata Kota dari Pompeii, Situs Terpendam di Italia (1)
Beberapa wisatawan menikmati keindahan situs Pompeii, Italia, yang dibangun pada abad keenam sebelum Masehi. F-MARIA PARAMITA FOR JAWA POS
MENGUNJUNGI situs Pompeii, Italia, serasa masuk ke peradaban modern. Sama sekali tidak terbayang bahwa kota seluas 66 hektare itu dibangun pada abad keenam sebelum Masehi. Berikut laporan kunjungan mantan wartawan Jawa Pos MARIA PARAMITA WARDHANI yang sedang menempuh pendidikan S-2 di Napoli, Italia.

 

------------------------------------------------------

KOTA yang terpendam selama 1.600 tahun akibat letusan Gunung Vesuvius itu menunjukkan kelihaian bangsa Romawi dalam membangun kota. Saat letusan terjadi pada tahun 79 setelah Masehi, Pompeii masih dalam tahap berbenah.

Pada 17 tahun sebelumnya, kota tersebut nyaris hancur akibat gempa bumi hebat. Para arkeolog memperkirakan letusan yang menenggelamkan kota berjarak 8 kilometer dari Vesuvius itu terjadi sekitar pukul 10.00.

MENGUNJUNGI situs Pompeii, Italia, serasa masuk ke peradaban modern. Sama sekali tidak terbayang bahwa kota seluas 66 hektare itu dibangun pada abad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News