Belanda Bakal Dipimpin Raja

Pangeran Willem-Alexander jadi Raja Pertama Belanda Sejak 1890

Belanda Bakal Dipimpin Raja
Ratu Beatrix dan Pangeran Willem-Alexander. Foto: REUTERS
AMSTERDAM - Untuk pertama kalinya sejak 1890, Belanda akan mempunyai seorang raja. Hal ini menyusul langkah Ratu Beatrix yang mengumumkan pengunduran dirinya Senin (28/1). Sebagai penggantinya, Beatrix menyerahkan mahkota kerajaan kepada putra tertuanya, Pangeran Willem-Alexander sebagai raja.

Seperti diketahui, sepeninggal Raja Willem III pada tahun 1890 lalu, Belanda dipimpin oleh beberapa orang ratu. Willem III digantikan oleh Wilhelmina yang memerintah sejak 1890 hingga 1948. Wilhelmina kemudian digantikan oleh putri tertuanya, Ratu Juliana hingga 1980.

Dari tangan Juliana, tahta kerajaan Nederland beralih kepada Beatrix. Ratu Beatrix yang kini berusia 75 tahun sendiri mempunyai tiga orang putra yakni Willem-Alexander, Pangeran Friso dan Pangeran Constantijn. Namun Pangeran Friso meninggal dunia setelah musibah longsor salju di Austria, Maret tahun lalu.

Seperti dilansir halaman BBC, Senin (28/1), Ratu Beatrix telah mengumumkan di televisi bahwa dirinya akan secara resmi menanggalkan mahkotanya pada 30 April mendatang. Dalam pengumuman itu Beatrix mengatakan, inilah saat yang tepat baginya untuk menaggalkan jabatan untuk dilanjutkan oleh generasi yang lebih muda.

AMSTERDAM - Untuk pertama kalinya sejak 1890, Belanda akan mempunyai seorang raja. Hal ini menyusul langkah Ratu Beatrix yang mengumumkan pengunduran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News