Belanja Migas Prioritaskan Produk Lokal

Belanja Migas Prioritaskan Produk Lokal
Belanja Migas Prioritaskan Produk Lokal
JAKARTA - Upaya mendorong pemanfaatan produk lokal di sektor migas terus dilakukan. Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) mencatat, tren pengadaan barang dan jasa dalam negeri di sektor migas menunjukkan peningkatan.

      

Kepala BP Migas R. Priyono mengatakan, sejak 2008 proporsi belanja barang dan jasa dari dalam negeri oleh perusahaan migas (kontraktor kontrak kerja sama/KKKS) terus naik. "Kami menginstruksikan kepada KKKS untuk memrioritaskan produk dalam negeri," ujarnya.

      

Data BP Migas menunjukkan, pada 2008 Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) baru mencapai 43 persen. Pada 2009, angkanya naik menjadi 49 persen dan pada 2010 menjadi 63 persen. "Hingga April 2011, TKDN mencapai 61 persen. kami optimistis angkanya terus meningkat," katanya.

      

Dari sisi nominal, belanja barang oleh perusahaan sektor migas terlihat meningkat. Pada 2008, belanja barang mencapai USD 1,40 miliar, lalu pada 2009 naik menjadi USD 3,57 miliar, dan pada 2010 menanjak hingga USD 3,81 miliar. Tahun ini, hingga April, belanja barang sudah USD 1,38 miliar.

      

JAKARTA - Upaya mendorong pemanfaatan produk lokal di sektor migas terus dilakukan. Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News