Alumni KUR Pasti Jadi Pengusaha Menengah

Alumni KUR Pasti Jadi Pengusaha Menengah
Alumni KUR Pasti Jadi Pengusaha Menengah
JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa yakin program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mampu menciptakan ribuan pengusaha kelas menengah baru di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Karena kesuksesannya, program KUR dan PNPM Mandiri sudah dijadikan percontohan oleh Bank Dunia untuk dijalankan di negara-negara lain.

Hatta menjelaskan, berdasarkan data yang dihimpun perbankan penyalur KUR, jumlah debitur KUR sudah mencapai 6,8 juta. Seandainya setiap debitur memiliki satu orang istri, dua anak, dan merekrut dua tenaga kerja, maka sudah ada 6 orang yang hidupnya tergantung dari KUR. Jika dikalikan 6,8 juta debitur, berarti sudah 40,8 juta orang yang tergantung kepada KUR.

Data itu juga menunjukan, dari 6,8 juta debitur KUR, sekitar 10 persennya sudah naik kelas dari yang tadinya belum layak mendapat pinjaman dari bank menjadi komersial. ”Tadinya cuma pinjam Rp 15 juta, sekarang sudah berani pinjam Rp 500 juta. Naik kelas karena usahanya bagus,” ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Dia meminta pihak berbankan terus memberikan dukungan dengan menyalurkan KUR kepada debitur yang sudah naik kelas tersebut, dengan ribuan penikmat KUR yang sudah naik kelas itu, sekitar 10 persennya bisa naik kelas lagi menjadi pengusaha kelas menengah. ”Lahirnya ribuan pengusaha kelas menengah baru yang merupakan alumni KUR bisa jadi kenyataan,” kata Hatta.

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa yakin program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mampu menciptakan ribuan pengusaha kelas menengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News