Belasan Warga Sumsel yang Pulang dari China Dipastikan Tak Terjangkit Virus Corona

Belasan Warga Sumsel yang Pulang dari China Dipastikan Tak Terjangkit Virus Corona
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan mengoperasikan thermal scanner di pintu kedatangan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kamis (23/1). Foto: ANTARA/Dolly Rosana/20

jpnn.com, PALEMBANG - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang Nur Purwoko mengatakan belasan warga Sumatera Selatan yang baru pulang dari China dipastikan negatif terjangkit Virus Corona.

Ia mengatakan sejak virus itu merebak di China dan beberapa negara di dunia, diketahui hanya ada 14 orang warga Sumatera Selatan yang pulang kampung melalui pintu kedatangan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

“Semuanya (14 orang) dinyatakan negatif dari wabah Virus Corona,” kata dia.

Ia mengatakan, 14 warga Sumsel tersebut terdiri atas sembilan mahasiswa yang menempuh pendidikan di China, serta lima orang dengan riwayat bepergian dari China.

"Tujuannya pulang ke beberapa daerah di Sumsel, dan semuanya tercatat datang dari China, tapi bukan Kota Wuhan,” kata dia.

Meski demikian, institusinya tetap berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk memantau kesehatan 14 orang ini setelah tiba di Palembang mengingat masa inkubasi Virus Corona berkisar 14 hari.

“Kami beri mereka kartu kewaspadaan yang menandakan yang bersangkutan baru saja menjalani perjalanan dari China," kata dia.

Ia menjelaskan, kartu kewaspadaan tersebut juga berfungsi sebagai penanda kesiapsiagaan tenaga medis yang menangani mereka jika mengakses pengobatan.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang Nur Purwoko mengatakan belasan warga Sumatera Selatan yang baru pulang dari China dipastikan negatif terjangkit Virus Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News