Beli Senpi Setelah Berkenalan di Facebook

Beli Senpi Setelah Berkenalan di Facebook
Beli Senpi Setelah Berkenalan di Facebook

jpnn.com - JAJARAN Polda Jatim terus mendalami jaringan jual beli senjata api dari dua orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, yakni  Ronny Yasin, 39 dan Budi Hermanto, 38. Kini polisi sudah mengantongi identitas salah satu orang yang diduga sebagai pemasok senpi untuk Ronny dan Budi. Dia adalah seseorang berinisial IR yang berada di Jakarta. 

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Awi Setiyono mengungkapkan Ronny mengaku mendapatkan senjata api dari IR, yang ada di Jakarta.  Ronny mengaku, barang tersebut didapat setelah dirinya berselancar di jejaring sosial Facebook dan berkenalan dengan IR. 

Dari situ, mereka berkomunikasi melalui BlackBerry Messenger (BBM).

Dari situ, IR memperlihatkan barang dagangannya yang berupa senpi dan air gun. Ronny yang tertarik lantas memesan secara bertahap sejak Januari sampai pertengahan 2013. Barang tersebut dikirim melalui jasa ekspedisi.

Ronny mengaku tak memiliki keahlian menembak. Meski begitu, dia berani menggunakannya dengan melihat buku petunjuk. ’’Paling menembak botol di depan rumah,’’ ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya anggota Subdit III Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim berhasil membekuk dua orang. Mereka Ronny Yasin, 39, warga Jalan Krembangan Baru, dan Budi Hermanto, 38, warga Jalan Rangkah, Tambaksari, Surabaya. 

Ronny yang juga pengusaha properti itu merupakan penjual senpi kepada Budi. Nama terakhir tersebut adalah penjual alat perlengkapan bayi di sebuah pasar grosir di Surabaya.

Nah, kepada polisi, Budi juga mengaku tak ahli menembak. ’’Buat koleksi,’’ ucapnya berdalih. Sejak membeli senjata dari Ronny, dia mengaku belum pernah menggunakannya sama sekali.

JAJARAN Polda Jatim terus mendalami jaringan jual beli senjata api dari dua orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, yakni  Ronny Yasin,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News