Belum Ada Pergerakan Massa ke Jakarta, Reuni 212 Jadi Digelar?

Belum Ada Pergerakan Massa ke Jakarta, Reuni 212 Jadi Digelar?
Massa aksi Reuni Akbar 212 di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada pergerakan massa menuju Jakarta menjelang rencana Reuni 212.

Kegiatan Reuni 212 rencananya akan digelar pada awal Desember mendatang.

"Sampai hari ini Polri tidak melihat ada pergerakan-pergerakan yang menuju Jakarta, sehubungan dengan acara tersebut," kata Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Kamis.

Meski belum ada pergerakan, polisi tetap mengimbau panitia acara Reuni 212 agar pelaksanaan acara diadakan sesuai aturan yang berlaku dan tidak mengganggu ketertiban umum.

Kegiatan penyampaian pendapat di muka umum dijamin dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum. Namun, tetap dalam pelaksanaannya, kegiatan Reuni 212 tetap harus dibatasi dengan sejumlah aturan.

"Harus tetap menghormati hak-hak orang lain, mengikuti aturan norma yang diakui secara umum, menaati ketentuan perundang-undangan yang berlaku, menjaga keamanan dan ketertiban umum, menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.

Adanya batasan-batasan tersebut agar pelaksanaan acara tidak melanggar hak-hak orang lain.

"Dalam rangka menjaga hak asasi manusia secara keseluruhan, baik yang akan menyampaikan pendapat di muka umum dan masyarakat yang tidak dalam agenda tersebut," katanya.

Polisi mengimbau panitia acara Reuni 212 agar pelaksanaan acara diadakan sesuai aturan yang berlaku dan tidak mengganggu ketertiban umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News