Belum Ada Tanda Keberadaan AirAsia QZ8501

Belum Ada Tanda Keberadaan AirAsia QZ8501
Pesawat AirAsia

jpnn.com - JAKARTA – Pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya menuju Singapura dinyatakan hilang kontak dengan Air Traffic Control pada pukul 07.24, Minggu (28/12). Posisi terakhir pesawat diperkirakan berada di sekitar perairan laut Belitung Timur.

Namun, hingga 12 jam setelah dinyatakan lost contact, pesawat belum berhasil ditemukan. TNI Angkatan Udara yang mengerahkan pesawat Hercules untuk mencari pesawat berpenumpang 155 orang itu belum memberikan hasil positif.

Jawa Pos mengikuti proses pencarian tersebut. Dari Bandara Halim Perdanakusuma, pesawat Hercules meluncur pukul 13.00. Dua jam kemudian, pesawat sudah sampai di titik kontak terakhir antara pesawat AirAsia dengan ATC.

Untuk mencari pesawat itu, Hercules terbang rendah dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dari laut.

Selama lebih dari lima ja‎m, Hercules berputar-putar dengan dimensi melebar dari titik koordinat hilangnya pesawat. Sayangnya, dari pencarian itu belum terlihat tanda-tanda keberadaan pesawat. Akhirnya, pesawat Hercules kembali ke Jakarta.

‎Panglima Komando Operasi AU 1 Masda TNI Dwi Putranto menuturkan, TNI AU akan melanjutkan operasi pencarian besok pagi. Untuk hari ini, pencarian memang belum membuahkan hasil. ”Kami mengerahkan tiga pesawat untuk hari ini. Hercules, Boeing 373, dan Puma,” terangnya.

Untuk proses pencarian yang akan dilakukan besok, dipastikan akan lebih luas dari sebelumnya. ”Saya berharap agar cepat ditemukan,” katanya saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma. (idr/fal)


JAKARTA – Pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya menuju Singapura dinyatakan hilang kontak dengan Air Traffic Control pada pukul 07.24, Minggu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News