Belum Terpapar Covid-19, Masyarakat Badui Berdoa Indonesia Bebas Pandemi

Belum Terpapar Covid-19, Masyarakat Badui Berdoa Indonesia Bebas Pandemi
Suasana Seba Badui dipimpin Djaro Saidja di Pendopo Rangkasbitung, Jumat (21/5). Foto: ANTARA/HO-Dok.pribadi

jpnn.com, LEBAK - Masyarakat Badui berdoa agar Indonesia segera terbebas dari pandemi COVID-19, sehingga kehidupan kembali normal tanpa menimbulkan rasa ketakutan penyakit yang mematikan itu.

"Kuncinya untuk menghilangkan corona adalah manusia harus sadar untuk mematuhi protokol kesehatan," kata Djaro Saidja, Tetua Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, usai merayakan Tradisi Seba Badui 2021 di Pemkab Lebak, Jumat (21/5).

Masyarakat Badui yang berpenduduk sekitar 11.600 jiwa dan tersebar di 68 perkampungan itu hingga kini belum ditemukan warganya terpapar COVID-19.

Hal itu terbukti dari hasil pemeriksaan swab yang dilakukan Puskesmas Cisimeut.

Para tetua adat selalu menyebarkan imbauan-imbauan agar masyarakat Badui tidak berpergian ke luar daerah, terlebih ke zona merah dan oranye.

Di samping itu, kawasan permukiman Badui juga menerapkan pengawasan ketat agar masyarakat dari luar daerah mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan dilarang berkerumun.

"Kami yakin jika manusia sadar mematuhi protokol kesehatan dipastikan virus corona hilang di tanah air," katanya.

Menurut dia, momentum perayaan Seba Badui tahun 2021 di tengah pandemi COVID-19 tetap berjalan, meskipun pelaksanaannya tertutup dan terbatas.

Permukiman Badui juga menerapkan pengawasan ketat agar masyarakat dari luar daerah mematuhi prokes Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News