BEM Nusantara Apresiasi Gelaran PON XX Papua

BEM Nusantara Apresiasi Gelaran PON XX Papua
Pesta kembang api saat pembukaan PON XX Papua, Sabtu malam (2/10). (ANTARA/HO/Humas PB PON)

jpnn.com, JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara mengapresiasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

BEM Nusantara menilai pemilihan Papua jadi tuan rumah sebagai bentuk penghargaan pemerintah untuk masyarakat di sana.

"Didaulatnya Tanah Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XX adalah hasil kerja keras dari Pemprov Papua dan juga bentuk penghargaan,” ujar Koordinator Pusat BEM Nusantara Dimas Prayoga dalam siaran persnya, Minggu (3/10).

Dimas berharap ajang PON XX Papua menjadi momentum perbaikan ekonomi daerah. Dia yakin produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Papua dapat diperkenalkan ke skala nasional.

"Momentum PON XX bisa menjadi awal kebangkitan ekonomi setelah perekonomi daerah digoncang dengan hadirnya pandemi Covid-19,” kata dia.

Dia juga mendorong pemerintah pusat maupun daerah melakukan percepatan penanganan Covid-19 di Papua. Di antaranya, dengan melakukan vaksinasi di wilayah-wilayah terpencil.

"Agar herd immunity bisa segera terwujud dan masyarakat Papua dapat terlindungi dari virus corona, sehingga pemulihan ekonomi di Tanah Papua dapat segera terealisasi," kata Dimas.

Penyelenggaraan PON XX Papua sempat ditunda selama satu tahun karena pandemi Covid-19. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika, menjadi empat wilayah penyelenggaraan PON XX.

BEM Nusantara mengapresiasi penyelenggaraan PON XX Papua yang resmi dibuka pada 2 Oktober 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News