JPNN.com

Benarkah Minum Susu Bisa Mencegah Osteoporosis?

Sabtu, 19 Oktober 2019 – 14:09 WIB Benarkah Minum Susu Bisa Mencegah Osteoporosis? - JPNN.com

jpnn.com - Susu diketahui merupakan salah satu sumber kalsium terbaik yang berkontribusi besar untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, benarkah dengan minum susu dapat mencegah osteoporosis?

International Osteoporosis Foundation (IOF) menyatakan bahwa satu dari empat perempuan di Indonesia rentan mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. Lebih lanjut, osteoporosis tak hanya dapat menyerang kelompok lanjut usia saja, tetapi bisa menyerang usia berapa saja. Meski wanita lebih rentan terhadap osteoporosis, tetapi pria juga bisa mengalaminya.

Bagaimana osteoporosis bisa terjadi?
Dari asal katanya, osteo berarti tulang dan porosis berarti lubang-lubang. Secara sederhana, osteoporosis berarti kelainan tulang yang ditandai dengan kondisi tulang yang memiliki banyak lubang.

Dengan kata lain, tulangnya tidak padat. Sebagai akibat dari kepadatan tulang yang menurun, tulang menjadi lebih rapuh dan mudah patah.  

Kebanyakan penderita osteoporosis tidak menyadari dirinya mengalami osteoporosis hingga tulangnya patah. Kejadian patah tulang pada osteoporosis biasanya dicetuskan oleh benturan yang tidak terlalu keras.

Misalnya saja terjatuh akibat tersandung. Sebelum terjadi patah tulang, pada umumnya osteoporosis tak menunjukkan gejala apa pun.

Dalam keadaan normal, terdapat proses pembentukan sel-sel tulang baru dan juga penghancuran sel-sel tulang lama yang membutuhkan perbaikan dan regenerasi. Proses pembentukan sel tulang baru dan penghancuran sel tulang lama ini seharusnya berlangsung seimbang, sehingga tulang tetap padat dan sehat.

Pada osteoporosis, proses tersebut tidak berjalan seimbang. Pembentukan sel tulang baru tidak terjadi lagi, tapi sel-sel tulang yang lama terus dihancurkan. Hal ini sering terjadi pada wanita yang sudah menopause akibat hormon estrogen yang melindungi tulang sudah turun drastis jumlahnya.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...