Benarkah Minum Wine Bisa Memperpanjang Umur?

Benarkah Minum Wine Bisa Memperpanjang Umur?
Ilustrasi meminum wine bersama pasangan.

jpnn.com - Minum wine dikabarkan bisa memiliki umur yang lebih panjang. Lalu, apa hal tersebut benar dan bisa dibuktikan secara ilmiah?

Benarkah minum wine membuat Anda panjang umur?

Manfaat kesehatan dari minum wine, terutama efeknya pada panjang umur seseorang, sebenarnya masih menjadi perdebatan di antara para ahli.

Namun, dapat dipastikan bahwa wine jenis tertentu, yaitu red wine, memiliki kandungan bioaktif di dalamnya, termasuk flavonoid dan phenol. Senyawa tersebut telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Menurut Dr. Adrian Baranchuk, seorang profesor di Queen’s University di Kanada, kandungan utama di dalam red wine yang diyakini memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan Anda adalah resveratrol.

Apa itu?

Resveratrol adalah senyawa polyphenol yang biasa ditemukan di kulit anggur. Senyawa resveratrol lebih banyak ditemukan di red wine dibanding dengan wine jenis lainnya karena proses fermentasi red wine yang jauh lebih lama.

Senyawa ini dipercaya dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah, mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, serta mengurangi risiko terjadinya pengentalan darah.

Penting bagi Anda untuk mengetahui batasan minum wine yang sehat dan wajar agar tidak berlebihan.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News