JPNN.com

Benarkah Pengobatan Akupunktur Bisa Mengatasi Insomnia?

Sabtu, 26 September 2020 – 04:50 WIB
Benarkah Pengobatan Akupunktur Bisa Mengatasi Insomnia? - JPNN.com

jpnn.com - Akupunktur merupakan pengobatan tradisional Tiongkok yang dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk insomnia. 

Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia dengan teknik ini?

Pertama-tama jarum halus mesti steril terlebih dulu. Jarum tersebut diletakkan di berbagai titik yang dapat merangsang saraf dan otot. Rangsangan ini dapat membuat aliran darah lancar dan membantu meredakan rasa sakit.

Hasilnya, Anda pun bisa tidur lebih cepat dan lelap. Manfaat akupunktur untuk atasi insomnia ini juga pernah diteliti secara acak dan dipublikasi oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine. 

Penelitian ini menguji sebanyak 3.811 orang yang mengalami insomnia. Tujuannya, membandingkan keunggulan penanganan insomnia antara penggunaan obat-obatan medis dan terapi akupunktur.

Hasilnya, akupunktur ditemukan lebih efektif mengatasi insomnia dan dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Tak hanya itu, di dalam penelitian tersebut juga tidak ditemukan efek samping serius terkait pengobatan akupunktur.

Soal ini, dr. Arina Heidyana juga setuju. Menurutnya, pengobatan asal Tiongkok ini bisa dijadikan pilihan untuk atasi masalah gangguan tidur tersebut.

“Akupunktur memang bisa dijadikan terapi alternatif untuk mengatasi insomnia. Karena akupunktur dapat merangsang saraf tertentu sehingga meningkatkan produksi hormon yang mengatur siklus tidur dan juga melancarkan peredaran darah di otak,” jelas dr. Arina. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy