Senin, 22 Oktober 2018 – 04:29 WIB

Akupuntur Bisa Mengatasi Obesitas?

Kamis, 11 Oktober 2018 – 23:33 WIB
Akupuntur Bisa Mengatasi Obesitas? - JPNN.COM

jpnn.com - Akupunktur merupakan praktik medis tradisional Tiongkok untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh, dengan memasukkan jarum yang sangat tipis melalui kulit. Sebagian orang percaya, akupunktur dapat mengatasi obesitas.

Jika memang benar, Anda perlu mengetahui sejauh mana manfaat akupunktur bagi penderita obesitas.

Pengobatan akupunktur telah menjadi fokus banyak penelitian di dunia karena kemampuannya dalam menyembuhkan rasa sakit, terutama untuk sakit kepala dan leher, punggung, lutut, dan nyeri osteoartritis. Dengan semakin banyaknya ahli akupunktur, pengobatan ini pun semakin digemari.

Meski demikian, belum banyak penelitian tentang bagaimana akupunktur bisa membantu masalah kesehatan lainnya seperti mengatasi obesitas atau bahkan menurunkan berat badan.

Studi kaitan akupunktur dengan obesitas

Dukungan ilmiah tentang hal ini memang sangat sedikit. Tapi, ada beberapa penelitian yang pernah membahas hal tersebut.

Dalam tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesitypada 2009, para ilmuwan menganalisis 31 penelitian dengan total 3.013 peserta. Hasilnya, ditemukan bahwa akupunktur dikaitkan dengan penurunan berat badan rata-rata yang signifikan.

Akan tetapi, penulis penelitian tersebut mengingatkan bahwa banyak studi yang ditinjau memiliki kualitas yang buruk. Selain itu, uji klinis pada akupunktur memberikan hasil yang sangat bervariasi, sehingga sulit untuk membandingkan hasil studi yang ada.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar