JPNN.com

Benarkah Piknik ke Pantai Bikin Otak Lebih Sehat?

Minggu, 13 Januari 2019 – 12:08 WIB Benarkah Piknik ke Pantai Bikin Otak Lebih Sehat? - JPNN.com

jpnn.com - Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa liburan memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Pergi vakansi ke sejumlah tempat eksotis, contohnya piknik ke pantai, bisa membuat pikiran lebih segar. Bahkan, otak Anda juga lebih sehat dengan melihat debur ombak, bermain air laut, dan melakukan aktivitas lainnya di pantai.

Bagaimana itu bisa terjadi? Berdasarkan studi yang dikutip dari Parents, berada dekat air akan mengurangi depresi. Pemandangan laut yang biru juga memicu otak untuk lebih tenang hingga meningkatkan kreativitas. Inilah mengapa piknik ke tempat-tempat seperti pantai, sungai, dan danau akan membuat Anda jauh lebih tenteram.

Studi tersebut turut menjelaskan bahwa paparan air laut bisa mentransfer ion negatif. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, saat Anda menghirup ion negatif, hormon serotonin dalam darah dapat menurun dan menimbulkan efek relaksasi serta melebarnya saluran napas.

Pemandangan laut yang tenang dan mengagumkan mampu memberikan sensasi tersendiri yang membuat Anda berpikir bahwa alam ini begitu luas dan indahnya. Alhasil, pikiran negatif serta suasana hati yang buruk segera berubah jadi lebih baik.

Cukup jelas bahwa liburan ke pantai bisa memberikan sensasi berbeda terkait relaksasi dan peningkatan kesehatan.

Piknik ke pantai memang menyenangkan. Anda bisa bermain air, berenang, atau sekadar melihat pemandangan laut yang biru. Bonusnya, Anda juga akan mendapatkan manfaat dari segi kesehatan otak. Selagi ada waktu, manfaatkan jadwal kosong Anda untuk berlibur demi kesehatan Anda dan keluarga.(RS/RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...