Minggu, 21 April 2019 – 23:10 WIB

Benarkah Pusing Gejala Menopause?

Rabu, 13 Februari 2019 – 22:50 WIB
Benarkah Pusing Gejala Menopause? - JPNN.COM

jpnn.com - Menopause merupakan proses alami yang pasti akan dialami oleh setiap wanita, di mana siklus menstruasi berhenti selama 12 bulan. Keadaan ini umumnya terjadi saat seorang wanita berusia 43–57 tahun, meski tak menutup kemungkinan terjadi kurang atau lebih dari rentang usia tersebut.

Seorang wanita yang sudah memasuki usia menopause akan mengalami berbagai perubahan dalam hidupnya. Mereka pun akan mengalami gejala, seperti hot flashes atau keringat malam, menstruasi tidak teratur hingga berhenti sama sekali, kekeringan pada vagina, gangguan suasana hati (mood), peningkatan berat badan, metabolisme melambat, hingga berkeringat pada malam hari. 

Bagaimana dengan sering pusing?

Dilansir dari Healhtline, pusing juga merupakan gejala yang umum terjadi pada wanita menopause. Penelitian mengatakan bahwa pusing pada wanita menopause berhubungan dengan beberapa keadaan berikut ini:

1. Gula darah
Hormon memainkan peran penting dalam menyeimbangkan kadar gula darah. Perubahan hormon selama menopause memengaruhi respons tubuh terhadap insulin dan membuat tubuh sulit menjaga gula darah stabil. Perubahan kadar gula darah bisa menyebabkan terjadinya keluhan pusing.

2. Perubahan telinga
Perubahan hormon wanita turut memengaruhi telinga bagian dalam yang sangat penting untuk keseimbangan. Beberapa wanita melaporkan perubahan keseimbangan, sinus, dan pendengaran sebelum menstruasi. Bisa jadi, ini adalah penyebab pusing yang selama ini Anda cari.

3. Kelelahan
Kelelahan adalah gejala umum selama menopause. Keluhan tersebut membuat tubuh Anda sulit untuk berfungsi dengan baik. Alhasil, pusing dan berbagai keluhan penyerta lainnya sangat mungkin terjadi.

4. Hot flashes
Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengalami hot flashes atau keringat malam lebih rentan terhadap sakit kepala vertigo daripada yang tidak. Saat mengalami kondisi ini. Anda akan merasa sensasi berputar-putar pada kepala.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar