JPNN.com

5 Bahan Alami untuk Usir Sakit Kepala

Selasa, 12 Februari 2019 – 23:45 WIB 5 Bahan Alami untuk Usir Sakit Kepala - JPNN.com

jpnn.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa setidaknya, separuh penduduk berusia dewasa di dunia pernah mengalami sakit kepala. Rasa nyeri di kepala ini bisa dilatari berbagai macam faktor, baik kondisi tubuh maupun pengaruh lingkungan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi beberapa bahan alami.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, sakit kepala bukanlah suatu diagnosis akhir, namun merupakan gejala umum yang menjadi pertanda timbulnya banyak penyakit.

“Sakit kepala adalah respons tubuh terhadap stres fisik saat terdapat penyakit atau adanya gangguan emosional yang dapat membuat otot-otot di kepala dan leher berkontraksi.  Akibatnya, pembuluh darah mengerut dan meluas, menghasilkan migrain atau sakit kepala vaskular,” ujar dr. Karin.

Untuk meredakan sakit kepala, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan atau melakukan terapi untuk menghilangkan keluhan yang muncul. Dilansir dari Reader’s Digest, deretan bahan alami ini dapat menghalau sakit kepala yang menganggu:

1. Minyak thyme dan rosemary 

Gosokan minyak esensial thyme dan rosemary di bagian kepala, dahi, serta kulit dengan lembut. Kemudian, cobalah duduk dengan relaks selama beberapa menit.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan 2010, para peneliti menemukan bahwa minyak thyme dan rosemary mengandung carvacrol, zat yang bertindak sebagai inhibitor COX-II. Fungsinya sama seperti obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen.

2. Vitamin B2

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...