JPNN.com

Sering Muntah Usai Pusing? Ketahui Gejalanya

Kamis, 07 Februari 2019 – 05:04 WIB Sering Muntah Usai Pusing? Ketahui Gejalanya - JPNN.com

jpnn.com - Pusing merupakan salah satu keluhan kesehatan yang sering dialami orang. Tak jarang pusing tersebut disertai dengan muntah, atau muntah terjadi setelah pusing. Lalu, apa sebenarnya hubungan pusing dengan muntah? Apakah itu suatu gejala penyakit?

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus tahu dulu apa perbedaan pusing dengan sakit kepala. Jika pusing, itu berarti Anda merasa seperti melayang, kliyengan, atau akan pingsan. Sementara itu, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, sakit kepala merupakan rasa nyeri di sebagian atau seluruh area kepala.

“Pada sakit kepala, rasa nyeri tersebut biasanya dapat dideskripsikan dengan jelas oleh penderitanya. Misalnya nyeri seperti ditusuk, ditindih benda berat, diikat, atau berdenyut,” kata dr. Sepriani.

Apa hubungan pusing dengan muntah?

Pusing adalah salah satu gejala dari vertigo. Ketika vertigo, Anda akan mengalami sensasi berputar dan melayang. Hal ini dapat terasa sangat tidak nyaman dan terkadang berujung pada mual atau muntah. Bahkan Anda juga bisa merasa sulit untuk bangun dari tidur.

"Orang setelah pusing terus mual dan muntah, bisa jadi itu masalah vertigo atau orang itu mengalami vertigo. Orang vertigo memang sering merasa mual dan tak jarang akhirnya muntah," ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Anda mungkin sudah sering mendengar soal vertigo, tapi banyak yang belum tahu penyebabnya. Berikut beberapa hal yang bisa memicu vertigo, menurut dr. Theresia:

1. Disebabkan dari telinga atau otak
Infeksi bagian telinga dalam oleh virus atau bakteri dapat menyebabkan timbulnya vertigo. Selain itu, tumor di otak, trauma pada kepala, dan leher juga bisa memicu vertigo.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...