Ladies, ini Cara Mengatasi Pusing Saat Haid

Ladies, ini Cara Mengatasi Pusing Saat Haid
ILUSTRASI. Sakit Kepala. Foto: Laman Care2

jpnn.com - Pusing saat haid bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari seorang wanita. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jaga pola makan Anda selama sedang datang bulan. Dengan mencukupi kebutuhan gizi melalui pola makan yang seimbang, Anda dapat terhindar dari kekurangan vitamin, anemia, serta hipoglikemia. Pastikan makanan yang Anda konsumsi kaya akan zat besi, serta vitamin B12, B6, C, dan D. Jika diperlukan, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk meminimalkan risiko kekurangan vitamin dan mineral.

Selain itu, pastikan Anda makan secara teratur semasa haid walaupun merasa tidak nafsu makan. Hal ini dapat membantu mencegah turunnya kadar gula darah. Cobalah konsumsi sumber protein yang tidak berlemak, buah-buahan, serta sayur-sayuran setiap hari. Hindari makanan dan minuman manis, misalnya permen dan soda, yang menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang diikuti dengan turunnya gula darah secara cepat.

Minum yang cukup selama haid juga penting, karena dehidrasi dapat menimbulkan keluhan pusing. Secara umum, targetkan konsumsi 8 gelas air setiap harinya. Anda juga dapat mencoba teh, misalnya teh jahe atau mint, yang sering kali membantu mengatasi keluhan mual sehingga mengurangi rasa pusing.

Jangan sepelekan istirahat yang cukup selama haid. Perhatikanlah waktu tidur Anda dengan baik, dan jaga kualitas tidur. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah beristirahat jika keluhan pusing menyerang, misalnya dengan berbaring selama beberapa menit.

Apabila keluhan dirasa sangat mengganggu, Anda bisa mencoba mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas di pasaran. Contohnya obat golongan OAINS seperti ibuprofen, yang bekerja menghambat produksi prostaglandin sehingga dapat meredakan keluhan akibat lonjakan hormon ini.

Jika kondisi Anda tidak membaik dengan tips di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk cari tahu penyebabnya dan ditangani secara tuntas.(RS/RVS/klikdokter)


Agar pusing tak tambah merusak mood saat sedang datang bulan, Anda harus tahu cara mengatasinya.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News