Kiat Aman Jalan Kaki Bagi Ibu Hamil

Kiat Aman Jalan Kaki Bagi Ibu Hamil
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Pixabay

jpnn.com - Menurut dr. Dyan Novita Anggraini dari KlikDokter, olahraga penting dilakukan ibu hamil pada trimester ketiga, agar stamina tetap terjaga saat proses persalinan. Salah satu olahraga yang mudah dilakukan oleh ibu hamil yakni jalan kaki.

Namun kadang, niat untuk jalan kaki sudah ada hanya saja terkadang malas untuk melakukannya. Untuk melakukannya, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini, agar momen jalan kaki menjadi lebih nyaman dan bermanfaat secara maksimal:

1. Gunakan sabuk khusus pelindung kehamilan untuk membantu menjaga postur tubuh selama berjalan. Hal ini seperti dilansir dari situs kesehatan ibu Mom Junction.

2. Minumlah setengah gelas susu atau makanlah satu buah apel sebelum memulai berjalan kaki. Setelah selesai, Anda disarankan minum air kelapa untuk mengembalikan cairan tubuh yang terbuang.

3. Disarankan dalam situs kesehatan Baby Center UK, aturlah kecepatan senyaman Anda. Jangan langsung berjalan terlalu cepat, tapi lakukan secara progresif, dengan menambah kecepatan secara bertahap.

4. Aktivitas ini membantu jantung dan paru bekerja secara efisien tanpa menyebabkan kerusakan fisik pada lutut atau pergelangan kaki.

5. Lakukan peregangan sebelum dan setelah berjalan untuk merelaksasi otot dan ligamen, sehingga mengurangi risiko terkilir atau pegal-pegal.

6. Saat tubuh terasa panas dan Anda mengalami sesak napas, beristirahatlah. Jika dipaksakan, Anda berisiko mengalami kontraksi.

Jalan kaki memang memberikan manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Namun, konsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan Anda sebelum melakukannya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News