JPNN.com

Benarkah Sering Minum Teh Bikin Gigi Kuning?

Selasa, 22 September 2020 – 04:26 WIB
Benarkah Sering Minum Teh Bikin Gigi Kuning? - JPNN.com

jpnn.com - Teh sudah menjadi minuman yang sangat umum dikonsumsi sehari-hari. Selain karena rasanya, orang gemar minum teh karena khasiatnya untuk kesehatan.

Namun, banyak yang mengatakan bahwa terlalu sering mengonsumsi teh bisa memengaruhi lapisan terluar dari gigi, yaitu enamel.

Hal tersebut kemudian bisa membuat gigi jadi lebih kusam atau berwarna kekuningan. Apa benar teh membuat gigi kuning? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Benarkah teh bisa menyebabkan gigi kuning?

Meskipun teh memiliki banyak manfaat kesehatan, namun jika dikonsumsi secara rutin dan berlebihan, teh dapat membuat gigi kuning. Gigi bisa berubah menjadi lebih gelap dan kekuningan terutama pada jenis teh hitam.

Hal tersebut dikarenakan, teh merupakan minuman yang mengandung zat kromogen (tanin) yang bisa memengaruhi warna gigi. Teh hitam umumnya mengandung lebih banyak zat tanin jika dibandingkan dengan teh biasa, sehingga lebih agresif menodai gigi.

Semakin gelap warna teh, semakin besar kemungkinannya untuk menimbulkan noda pada gigi. Tanin adalah senyawa kimia yang termasuk dalam kelompok senyawa yang lebih besar, yang disebut polifenol. Warna yang akan terlihat pada gigi berasal dari senyawa polifenol itu sendiri.

Perubahan warna tersebut diakibatkan oleh penumpukan zat tanin di permukaan gigi. Tanin bisa terikat ke hidroksiapatit yang merupakan komponen mineral gigi, sehingga membentuk noda pada permukaan gigi. Pembentukan noda tersebut dipermudah dengan adanya protein dalam air liur.(klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...