Benci dan Cinta untuk Papa

Benci dan Cinta untuk Papa
Benci dan Cinta untuk Papa
JAKARTA - Nama Lukman Sardi tidak bisa dilepaskan dari sosok Idris Sardi, 72, yang notabene adalah sang ayah. Dua orang itu memiliki nama besar dengan karya masing-masing. Seperti apakah Lukman memandang Idris? Mendengar pertanyaan itu, bapak satu anak tersebut tersenyum. Dia diam sebentar, lalu berkata, "Papa itu orang yang saya cintai dan juga saya benci."

Jawaban yang kontradiktif. Tapi, itulah yang dirasakan olehnya. Dulu Idris dan Lukman jarang berkomunikasi. Mereka tidak pernah cocok. Menurut pemeran Ikal dewasa dalam film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi tersebut, dirinya dan sang ayah adalah orang yang sama, tapi beda jiwa. Mereka sama-sama keras kepala. Sampai-sampai ada saat keduanya berada dalam satu mobil, berdua, dan tidak saling berbicara. "Di mobil bisa lho kita diem-dieman sepanjang perjalanan," cerita anak Idris dari pernikahan dengan Zerlita itu.

Tapi, di hadapan publik, baik Idris maupun Lukman selalu saling membanggakan. Idris sering mengatakan bangga dengan anaknya, Lukman Sardi. Begitu juga sebaliknya. Pria yang mengatakan ingin menjadi sutradara pada usia 40 tahun itu baru menyadari keadaan tersebut belakangan ini. Hal itulah yang memunculkan rasa benci. "Kenapa kami nggak akrab dari dulu. Begitu banyak waktu yang seharusnya bisa kami lewati bersama dengan indah, tapi hilang begitu saja. Kondisi itu juga yang membuat saya menjadi seorang yang kaku," ujarnya.

Momen terindah bersama sang ayah, kata Lukman, adalah saat dirinya dibantu membuat film pendek Sang Penjahit. "Saya memberanikan diri meminta Papa mengisi musik di film itu. Tadinya saya ragu, ini adalah hal gawat. Papa kan orang besar sebagai ilustrator musik. Sedangkan, saya cuma orang yang mau jadi sutradara. Tapi, di sini saya harus membuat Papa menuruti mau saya," kisahnya.

JAKARTA - Nama Lukman Sardi tidak bisa dilepaskan dari sosok Idris Sardi, 72, yang notabene adalah sang ayah. Dua orang itu memiliki nama besar dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News