Bentrok Suporter di Zurich

Bentrok Suporter di Zurich
Aparat keamanan bersiaga di hadapan para suporter yang mulai memanas saat pertandingan Jerman-Kroasia.
ZURICH – Kekalahan tim Jerman 1-2 dari Kroasia membuat kota Zurich panas. Suporter Tim Panser mengamuk di arena Fanzone Belleuve. Sikap pendukung Jerman itu membuat kubu Kroasia balas menyerang. Tak terhindarkan, arena nonton bareng berkapasitas 45 ribu penonton itu menjadi ajang perkelahian masal. Inilah kali pertama bentrok suporter selama seminggu perhelatan Euro 2008.

 Tanda-tanda rusuh mulai muncul saat turun minum. Jerman yang tertinggal satu gol mulai membuat ribuan suporternya berulah. Tensi  semakin panas ketika Kroasia membuat gol kedua. Kedua kubu suporter saling ejek dan saling lempar.

 Suporter yang berada dalam satu arena tanpa sekat itu, mulai saling dorong setelah Jerman membalas menjadi 1-2. Gelas bir dan berbagai barang melayang. Kubu Jerman yang memulai melempar langsung dibalas pendukung Kroasia. Fan Zone pun kacau.

 Entah siapa yang mulai, kedua kubu bentrok. Suporter fanatik Kroasia menyerang suporter Jerman. Kekuatan seimbang. Beberapa suporter terlihat lebam akibat duel masal itu. Situasi tegang. Para suporter wanita berhamburan menjauh dari arena perkelahian. Sejumlah anak kecil yang berada di pusat kerusuhan berusaha di selamatkan orang tua. Arena nonton bareng yang seharusnya dinikmati berubah menjadi ajang kerusuhan.

 Polisi bertindak cepat. Delta Force, unit polisi Swiss yang khusus menangani perkelahian masal, turun tangan. Dengan sigap mereka merangsek ke tengah arena perkelahian.

 Mereka memisahkan kedua kubu. Suporter fanatik Kroasia dilokalisir di tengah lapangan. Polisi membentuk pagar betis sebagai pembatas di antara kedua pihak. Di tengah situasi panas itu kedua kubu masih saling mengejek dan melempar gelas plastik bir.

 Cara penanganan polisi cukup efektif. Mereka tidak melakukan penangkapan. Hanya melokalisir dan memisahkan kedua kubu di pusat perkelahian itu. Mungkin kalau ada penangkapan dan tindakan keras polisi, perkelahian itu makin meluas. Hingga akhir pertandingan, polisi khusus itu melakukan penjagaan ketat di arena.

 Seusai pertandingan, masih sempat muncul ketegangan kecil. Seorang wanita Jerman langsung marah ketika tersenggol suporter Kroasia yang sedang merayakan kemenangan. Fans Jerman itu menyiramkan bir di tangannya. Masih tak terima, pendukung Jerman itu mengejar. Untunglah polisi mencegah kejadian lebih parah.

ZURICH – Kekalahan tim Jerman 1-2 dari Kroasia membuat kota Zurich panas. Suporter Tim Panser mengamuk di arena Fanzone Belleuve. Sikap pendukung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News