Bentuk Lain Kanker Serviks Bisa Menyerang Pria

Bentuk Lain Kanker Serviks Bisa Menyerang Pria
Bentuk Lain Kanker Serviks Bisa Menyerang Pria

jpnn.com - MESKI kanker serviks lazim terjadi pada leher rahim, namun rupanya tidak hanya kaum perempuan saja yang perlu melakukan vaksinasi. Pasalnya, infeksi human papillomavirus (HPV) juga bisa menyerang kaum adam meskipun dalam bentuk lain.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa wanita juga bisa menyebarkan virus HPV pada pria. Para peneliti menemukan bahwa 18 persen wanita yang terinfeksi HPV menularkan virus tersebut kepada pasangan prianya dalam waktu sekitar satu tahun. Sementara dalam jangka waktu yang sama, hanya 7 persen dari jumlah pria yang terinfeksi HPV menularkan virus tersebut pada pasangan wanitanya.

"Selama ini kami berpikir vaksinasi HPV hanya wajib dilakukan oleh wanita, namun rupanya vaksinasi pada pria juga penting. Vaksinasi pada pria maupun wanita adalah ide yang sangat baik," kata asisten profesor School of Public Health, University of Texas, Alan Nyitray, seperti dilansir laman Health India, Selasa (11/2).

Pada sebagian besar pria, HPV tidak menyebarkan gejala dan akan hilang dengan sendirinya, tanpa meninggalkan masalah kesehatan apapun. Sementara bagi yang lain, virus ini dapat menyebabkan munculnya kutil genital yang pada akhirnya berisiko menimbulkan kanker penis atau kanker tenggorokan.

Selain menyarankan pria untuk juga melakukan vaksinasi HPV, para peneliti kini juga percaya bahwa kesalahpahaman yang menyebut pria adalah pembawa utama virus perlu diralat. Studi ini telah dipublikasikan dalam Journal of Infectious Diseases.(fny/jpnn)

 


Berita Selanjutnya:
Tetap Pede Berkulit Gelap

MESKI kanker serviks lazim terjadi pada leher rahim, namun rupanya tidak hanya kaum perempuan saja yang perlu melakukan vaksinasi. Pasalnya, infeksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News