Berakting Ternyata Bisa Membantu Hal Ini, Ennggak Percaya?

Berakting Ternyata Bisa Membantu Hal Ini, Ennggak Percaya?
Lupa sesuatu. Foto: Qlik Blog

jpnn.com - Apakah Anda sering kesal dengan diri sendiri karena Anda lupa dimana Anda meletakkan kunci Anda atau melewatkan tugas penting?

Nah, jangan terlalu keras pada diri sendiri karena hal tersebut merupakan sifat alami manusia. Namun Anda bisa membalik kebiasaan ini dengan berakting.

Berakting bisa meningkatkan memori prospektif Anda, suatu bentuk memori yang melibatkan mengingat untuk melakukan tindakan atau niat yang direncanakan di masa depan pada suatu titik waktu tertentu.

Penemuan ini mengungkapkan bahwa teknik pengesahan alternatif, seperti akting, bisa meningkatkan ingatan prospektif pasien di mana Anda tidak ingat untuk melakukan sesuatu yang telah Anda rencanakan. Ini melibatkan menciptakan kembali hal yang ingin diingat dan berpura-pura bahwa Anda benar-benar melakukannya dan dalam detail sebanyak mungkin.

"Memori prospektif yang gagal bisa menjadi tanda awal penyakit Alzheimer. Studi ini menunjukkan bahwa teknik pemberlakuan efektif dalam meningkatkan memori prospektif," kata penulis utama studi, Antonina Periera, psikolog di Universitas Chichester di Inggris, seperti dilansir laman India Times.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsychology, tim peneliti memeriksa kinerja memori prospektif di hampir 100 peserta, yang termasuk pasien dengan gangguan kognitif ringan berusia 64 tahun-87 tahun, orang dewasa yang lebih tua yang sehat berusia 62 tahun-84 tahun dan dewasa muda usia 2 tahun-18 tahun.

Peserta dari semua kelompok usia melaporkan peningkatan memori prospektif, terutama subjek yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan pada tahap awal penyakit Alzheimer, setelah melakukan teknik peningkatan/enhancement technique.

Para peneliti menegaskan bahwa memori prospektif akan mengikis seiring bertambahnya usia dan bahwa enactment techniques/teknik pengesahan mungkin mendukung mereka dengan memori prospektif yang buruk.

Berakting bisa meningkatkan memori prospektif Anda, suatu bentuk memori yang melibatkan mengingat untuk melakukan tindakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News