Berani Coba? Ini Rute Pesawat Saat Terjadi Gerhana Matahari

Berani Coba? Ini Rute Pesawat Saat Terjadi Gerhana Matahari
Gerhana Matahari Total ilustrasi. Foto: dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--  Xavier Jubier yang dikenal luas sebagai tokoh di organisasi astronom dunia, International Astronomical Union (IAU) merilis cara menikmati gerhana matahari total (GMT) terbaik. Salah satu yang disarankan Jabier adalah menikmati gerhana di atas awan-awan. Jabier menjamin, menaiki penerbangan privat atau komersial akan menciptakan sensasi mengejar gerhana yang tak terlupakan.

’’Saya menyarankan ada penerbangan khusus gerhana,” ujar Jubier.

Misalnya, Dassault Falcon 7X business jet yang memang sudah pernah digunakan untuk melihat gerhana pada Maret tahun lalu. Sebab, pesawat ini bisa menjelajah ketinggian 14.630 meter dan bisa mendarat di landasan sepanjang 700 meter.

Selain itu, dia juga menemukan dua penerbangan di Hawai dan Indonesia yang mungkin saja berpapasan dengan momen langkah tersebut. Jubier menyebut penerbangan Garuda Indonesia GA 649 rute Jakarta – Ternate sangat menarik untuk dipilih. Penerbangan yang biasa dijadwalkan berangkat 06.15 WIB dan tiba 11.45 WIT tersebut bisa menyajikan pemandangan luar biasa.

’’Saya sudah berdiskusi dengan Garuda agar jadwal penerbangan itu bisa sedikit dimodifikasi. Sehingga, penumpang bisa disajikan pemandangan gerhana di sisi kabin sebelah kiri selama 2 menit 27 detik,’’ terangnya.

Sedangkan, untuk penerbangan di Hawai, Xavier mencatat terdapat penerbangan Alaska Airlines AS870 rute Anchorage ke Honolulu pada 8 Maret. Maskapai tersebut hanya perlu memajukan waktu berangkat selama 23 menit agar bisa melihat gerhana selama satu menit  59 detik. (bil/wan/kim/flo/jpnn)

 

 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News