Berantas Calo Tanah Makam, Ahok Terapkan Pembayaran Sistem Online

Berantas Calo Tanah Makam, Ahok Terapkan Pembayaran Sistem Online
Basuki Tjahaja Purnama. Foto: Dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana menerapkan sistem online terkait izin? penggunaan tanah makam untuk menghilangkan maraknya praktik percaloan disana. 

"Orang mengeluh banyak calo di kuburan, TPU-TPU kita," kata pria yang akrab disapa Ahok itu saat memberikan sambutan dalam dalam sambutannya saat launching One Day Service IMB Rumah Tinggal di Kantor Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/8).

Ahok sempat menceritakan pengalaman temannya terkait dengan lahan makam. Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, temannya bisa mendapatkan lahan kuburan di bagian depan.

"Teman saya dapat depan di Karet Bivak. Lha kok bisa dapat depan? Bukannya depan penuh? Terus dia bilang gini, 'Eh lo diam-diam ya, lo datang ngelayat bapak gue, lo jangan banyak mulut ya. Gw bayar Rp15 juta supaya dapat'," tutur Ahok.

Sementara, Kepala Dinas ?Pertamanan dan Pemakaman DKI Ratna Dyah Kurniati yakin makam online akan menghilangkan pungutan liar terkait izin penggunaan tanah makam. Untuk mengurus izin tersebut, masyarakat cukup pergi ke PTSP.

"Kalau ada yang meninggal, dia (masyarakat) buka makam kosong di mana, kasih tahu PTSP. PTSP kasih tahu yang bersangkutan," tandas Ratna. (gil/jpnn)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana menerapkan sistem online terkait izin? penggunaan tanah makam untuk menghilangkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News