Berantas Terorisme, Asean Penting

Berantas Terorisme, Asean Penting
Berantas Terorisme, Asean Penting
AMBON -- Kerjasama negara-negara yang tergabung di Association of South East Asia Nations (ASEAN) masih memegang peranan penting bagi Indonesia. Bukan hanya pada bidang ekonomi tapi juga pada bidang pertahanan dan keamanan lintas negara.

Dalam paparannya di ASEAN Regional Media Workshop, Sabtu (9/10) di Swiss-Benhotel, Ambon, Duta Besar Indonesia untuk ASEAN, Ngurah Swajaya mengatakan Indonesia tidak bisa melepaskan diri begitu saja dari ASEAN. Bukan hanya karena faktor geografis tapi juga karena faktor hubungan bilateral.

‘’Ada tiga tantangan hingga kerjasama ASEAN masih dinilai relevan dengan Indonesia. Pertama masalah kejahatan lintas batas negara, kedua mengatasi masalah penyakit menulis dan ketiga masalah pencemaran lingkungan atau bencana alam. Untuk ketiga masalah ini, Indonesia masih membutuhkan ASEAN,’’ kata Ngurah.

Untuk kejahatan lintas batas negara, salah satu bukti konkrit yang telah diberikan ASEAN adalah dalam penumpasan gerakan terorisme. Baik di dalam negeri maupun kerjasama memburu jaringan terorisme di luar negeri.

AMBON -- Kerjasama negara-negara yang tergabung di Association of South East Asia Nations (ASEAN) masih memegang peranan penting bagi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News