Berbicara di Nikkei Forum 2024, Menko Airlangga Beberkan Keberhasilan Perekonomian Indonesia

Berbicara di Nikkei Forum 2024, Menko Airlangga Beberkan Keberhasilan Perekonomian Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berbicara di hadapan para pemimpin global yang hadir pada pertemuan Nikkei Forum 2024 di Tokyo, Jepang. Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, TOKYO - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan upaya Indonesia mampu menjaga ketangguhan perekonomian dalam menghadapi ketidakpastian global serta menyampaikan berbagai peluang berinvestasi di negara ini.

Hal ini disampaikan Menko Airlangga yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbicara di hadapan para pemimpin global, serta para ahli ekonomi dan akademisi dari kawasan Asia-Pasifik dalam rangkaian pertemuan Nikkei Forum 2024 di Tokyo.

Menko Airlangga menyampaikan selama pandemi Covid-19 perekonomian Indonesia mampu menjadi salah satu yang berkinerja terbaik di dunia.

"Sejak kuartal kedua tahun 2021, perekonomian Indonesia terus berada pada tingkat pertumbuhan rata-rata year on year dalam kisaran lima persen,” ungkap Menko Airlangga dalam keterangan resminya yang diterima, Sabtu (25/5).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2024 juga mampu mencatatkan angka sebesar 5,11 persen (yoy) serta diikuti dengan tingkat inflasi pada April 2024 sebesar 3,00 persen (yoy), tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,5±1 persen.

Lebih lanjut Menko Airlangga juga menyampaikan, PDB per kapita Indonesia juga cenderung meningkat sejak pandemi dengan target pendapatan per kapita USD 5.500 pada tahun ini.

“Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi yang stabil melalui stabilitas politik dan sosial. Tentu saja hal ini merupakan sebuah kondisi yang sangat baik bagi para investor maupun para pelaku bisnis dan pelaku ekonomi,” ujar Menko Airlangga.

Pemerintah Indonesia saat ini juga sedang melakukan transisi secara bertahap untuk memastikan keberlanjutan berbagai program.

Menko Airlangga mewakili Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah hal penting saat berbicara di hadapan para pemimpin global yang hadir pada Nikkei Forum 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News