Bercengkerama di Puncak Merbabu

Bercengkerama di Puncak Merbabu
Bercengkerama di Puncak Merbabu
GUNUNG Merbabu (3.142 mdpl) merupakan gunung yang tergolong dalam gunung api tua yang terletak bersebelahan dengan Gunung Merapi dan merupakan salah satu gunung api aktif. Gunung Merbabu mempunyai banyak puncak-puncak bayangan (bukan puncak asli).

Karena banyaknya puncak ini seringkali para pendaki mengeluh dan jenuh, tapi justru hal inilah yang menjadikan gunung ini menantang untuk didaki. Puncak Gunung Merbabu terdiri atas dua puncak yaitu Puncak Sarip yang terletak pada ketinggian 3.120 m dpl dan Puncak Kenteng Songo dengan ketinggian 3.142 m dpl. Kedua puncak ini mempunyai panorama alam yang berbeda.

Untuk menuju ke puncak Gunung Merbabu ada dua jalur utama yakni lewat Selo, Boyolali dan melalui Tekelan, Kopeng. Kedua jalur mempunyai medan perjalanan yang berbeda.

Kalau kita lewat Selo jaraknya lebih jauh tapi mempunyai panorama yang indah. Pohon-pohon pinus di sepanjang jalan terasa menciptakan kenyamanan selama perjalanan dan bisa memandang lereng Gunung Merapi lebih dekat.

GUNUNG Merbabu (3.142 mdpl) merupakan gunung yang tergolong dalam gunung api tua yang terletak bersebelahan dengan Gunung Merapi dan merupakan salah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News