Berebut Zakat Rp 50 Ribu, Belasan Lansia Pingsan

Berebut Zakat Rp 50 Ribu, Belasan Lansia Pingsan
Ilustrasi. pixsbay.com

jpnn.com - PROBOLINGGO - Belasan warga lanjut usia (lansia) pingsan saat mengantre pembagian zakat di Jalan Raya Banjarsari, Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (23/6). Mereka tak sadarkan diri lantaran berdesak-desakan ingin segera mendapat jatah zakat. 

Sang pembabi zakat adalah sebuah pabrik air minum dalam kemasan. Sekitar 3 ribu warga diundang. 

Mereka berasal dari tujuh desa di Kecamatan Sumberasih. Untuk mendapatkan zakat itu, mereka harus menunggu di depan pabrik sejak pukul 10.00. 

Arus lalu lintas pun sempat terganggu. 

Setelah tiga jam menunggu, warga belum mendapat kepastian kapan zakat diberikan. Aksi saling dorong pun tak terhindarkan. Hal itu mengakibatkan banyak warga lansia yang pingsan. Bahkan, beberapa di antara mereka hampir terinjak-injak. 

Melihat kejadian tersebut, manajemen PT Bromo Tirta Lestari pun membuka pintu gerbang pabrik. ''Uangnya masih dalam perjalanan dari Surabaya,'' ujar Emi dari manajemen pabrik.

Sekitar pukul 13.30, duit zakat tersebut baru datang. Saat itu sudah ada 14 lansia yang pingsan. Pembagian pun dilakukan dengan pengawalan ketat petugas TNI-Polri. Sebab, massa terus mendesak masuk dan tidak mau antre. 

Tiap warga yang mengantre dapat duit tunai Rp 50 ribu.

PROBOLINGGO - Belasan warga lanjut usia (lansia) pingsan saat mengantre pembagian zakat di Jalan Raya Banjarsari, Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News