Beredar Info Pemilik Kebun Ganja Ditembak & Dibuang, Polda Sumsel Bilang Begini

Beredar Info Pemilik Kebun Ganja Ditembak & Dibuang, Polda Sumsel Bilang Begini
Personel Satresnarkoba Polres Empat Lawang saat melakukan penyergapan kebun tanaman ganja seluas mencapai 1 hektare di Desa Batul Junggul, Muara Pinang, Empat Lawang, Sumsel, Minggu (1/1/2023). ANTARA/HO-Humas Polda Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Beredar informasi seorang terduga pemilik kebun ganja di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel) ditembak hingga tewas, lalu jasadnya dibuang ke jurang oleh personel kepolisian.

Polda Sumsel mengatakan informasi yang beredar di media massa itu tidak benar.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan pemilik kebun ganja yang diketahui berinisial RI, warga Desa Batu Junggul, Muara Pinang, Empat Lawang itu kabur setelah sempat ditangkap polisi dalam operasi penyergapan.

"Hal tersebut didapatkan berdasarkan laporan resmi dari personel Polres Empat Lawang kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus R Wibowo, Jumat siang tadi," kata Supriadi kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Kendati demikian, dia menyatakan kapolda telah menginstruksikan untuk menyelidiki kebenaran atas peristiwa tersebut dengan mengirimkan tim ke Kabupaten Empat Lawang, sebab, patut diduga ada kelalaian personel dalam melaksanakan operasi hingga terduga pelaku kabur.

“Tim sudah berangkat ke sana (Empat Lawang, Red) hari ini atas instruksi Kapolda langsung untuk memback-up polres dalam mengejar pelaku, RI, lengkap dengan alat SAR dan anjing pelacak K-9. Sekaligus audit investigasi internal kalau memang ternyata ada kekeliruan/kelalaian dari personel, maka akan diberikan tindakan tegas sesuai aturan berlaku di institusi Polri,” kata Supriadi.

Dia menjelaskan awalnya Polres Empat Lawang melakukan penyelidikan atas laporan masyarakat terkait adanya keberadaan kebun tanaman ganja di Desa Batul Junggul, Muara Pinang.

Penyelidikan yang berlangsung selama tiga bulan tersebut akhirnya membuahkan hasil, polisi menemukan keberadaan kebun ganja yang dimaksud itu di kawasan perbukitan Desa Batu Junggul.

Beredar informasi seorang terduga pemilik kebun ganja di Empat Lawang, Sumsel ditembak hingga tewas lalu jasadnya dibuang ke jurang oleh polisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News