Bergaya Salat di Masjid Ternyata Maling

Bergaya Salat di Masjid Ternyata Maling
MALING DI MASJID: Budiati (berbaju oranya) yang ditangkap Polres Magelang Kota karena ketahuan mencuri tas di masjid. Foto: Radar Kedu/JPG

jpnn.com - jpnn.com - Seorang ibu berusia 37 tahun bernama Budiati ketahuan mencuri tas di dalam MAsjid Agung Magelang. Warga Kampung Krajan, Kelurahan Secang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang itu menyikat tas milik Lia Rosita (29) saat salat asar pada 2 Januari lalu.

Namun, ulah Budiati terendus karena ada rekaman CCTV. Dari CCTV itu pula Reserse Mobil (Resmob) Kepolisian Resor Magelang Kota membekuk Budiati di rumahnya.

Sebelum tertangkap, ibu tiga anak ini ternyata sudah tiga kali melakukan aksi serupa di sejumlah masjid. Modusnya selalu sama. Yakni duduk di dekat calon korban sambil berpura-pura membenarkan mukena.

Saat korban khusyuk menjalankan ibadah, Budiati pun beraksi menyambar barang berharga milik korban. ”Begitu calon korban lengah, pelaku langsung menggasak barang bawaannya dan bergegas pergi meninggalkan masjid,” ujar Kasubag Humas Polres Magelang Kota AKP Esti Wardiani, Kamis (26/1).

Esti menjelaskan, korban yang kebingungan karena tasnya hilang lantas melaporkan musibah yang menimpanya ke takmir masjid. Kerugiannya mencapai Kerugian yang diderita korban sekitar Rp 2,75 juta.

Oleh pihak takmir, warga Dusun Banyudono, Mertoyudan, Kabupaten Magelang itu dianjurkan untuk melapor ke Polres Magelang Kota yang tidak jauh dari lokasi.

Tidak berselang lama, aparat kepolisian langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Mengetahui masjid yang dilengkapi 16 unit CCTV, polisi kemudian mempelajari rekaman untuk mencari ciri-ciri pelaku.

Berkat rekaman tersebut, selang sepuluh hari pascakejadian, tepatnya Kamis (12/1), pelaku berhasil dicokok di rumahnya saat memasak. Saat polisi menggeledah rumah Budiati ternyata menemukan barang bukti milik korban.

Seorang ibu berusia 37 tahun bernama Budiati ketahuan mencuri tas di dalam MAsjid Agung Magelang. Warga Kampung Krajan, Kelurahan Secang, Kecamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News