Berharap Mendapat Formasi CPNS Sebanyak-banyaknya

Berharap Mendapat Formasi CPNS Sebanyak-banyaknya
PNS. Ilustrasi Foto: Tawakkal Basri/Fajar/dok.JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Pemprov NTB berharap bisa mendapatkan formasi sebanyak-banyaknya dalam proses rekrutmen CPNS 2018.

Rencananya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tahun ini akan membuka lowongan sekitar 200 ribu CPNS, yang diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan.

”Mudahan dikasih sebanyak-banyaknya terutama untuk pendidikan dan kesehatan,” kata Sekda NTB H Rosiady Sayuti, kemarin (9/3).

Berdasarkan analisis kebutuhan, pemprov masih kekurangan 4.603 orang ASN. Terdiri dari tenaga kesehatan 757 orang dan tenaga teknis 945 orang. Kemudian guru SMA 1.515 orang, guru SMK 1.322 orang, dan guru SLB 64 orang.

Provinsi NTB menurut sekda adalah salah satu daerah yang akan menerima formasi CPNS tahun ini.

Sebab persentase belanja pegawai di bawah 50 persen. Porsi belanja pegawai itu menjadi syarat dari pusat agar tidak terlalu membebani keuangan daerah. ”Kita sudah kirim formasi tinggal menunggu keputusan,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) H Fathurrahman mengaku masih menunggu kebijakan pusat, sebab formasi belum resmi diberikan.

Awal tahun lalu NTB sudah mengajukan 700 formasi CPNS ke pemerintah pusat. Terdiri dari tenaga medis, paramedis atau spesialis, guru, dan tenaga teknis.

Pemprov NTB berharap bisa mendapatkan formasi CPNS sebanyak-banyaknya, terutama untuk tenaga pendidikan dan kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News